Tugas dan Fungsi PPID

Diposkan Oleh : Administrator | Tanggal : 14 Februari 2019 08:40:11

TUGAS DAN FUNGSI PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

NAGARI INDERAPURA UTARA KECAMATAN AIRPURA

  1. ATASAN PPID

Tugas:

Memberikan arahan dan pembinaan atas pengelolaan informasi dan dokumentasi public di  lingkungan Pemerintah Nagari Lunang Tiga.

Fungsi :

Pembina  dan pengarah atas berbagai persoalan  yang  terkait dengan pelaksanaan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Pemerintah Nagari Lunang Tiga Pemberian pertimbangan atas informasi   yang   dikecualikan,   pertimbangan atas keberatan,   dan penyelesaian sengketa informasi di lingkungan Pemerintah Nagari Lunang Tiga

  1. PPID

Tugas:

  1. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan member pelayanan informasi kepada publik;
  2. Melakukan verifikasi bahan infomrmasi publik;
  3. Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan;
  4. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi; dan
  5. Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.

Fungsi :

  1. Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan;
  1. Meminta dan memperoleh informasi dari  unit kerja / komponen /satuan kerja yang menjadi cakupannya;
  2. Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Utama
  3. Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat / tidaknya diakses oleh publik;
  1. SEKRETARIAT

Tugas :

  1. Melaksanakan perencanaan penyusunan program pengelolaan informasi dan dokumentasi.
  2. Melaksanakan koordinasi dan konsolidasi dalam rangka pengumpulan informasi dan dokumentasi.
  3. Melaksanakan administrasi dalam rangka penyediaan pelayanan informasi dan dokumentasi.
  4. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan pelayanan informasi. Melaksanakan pelayanan informasi dan dokumentasi.
  5. Pengelolaan sistem informasi dan dokumentasi.
  6. Menyediakan informasi dan dokumentasi dalam rangka pelayanan informasi publik.
  7. Menyimpan dan memelihara dokumentasi dan informasi publik.

 

  1. BIDANG PELAYANAN DAN DOKUMENTASI INFORMASI

Tugas :

  1. Membantu PPID dalam penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian dan pengamanan informasi.
  2. Membantu PPID dalam pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku dengan cepat, tepat dan sederhana.

 

  1. BIDANG PENGELOLAAN DATA DAN KLASIFIKASI INFORMASI

Tugas :

  1. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi
  2. Melaksanakan pengembangan Sistem Informasi
  3. Menyusun rencana dan program pengelolaan data dan informasi
  4. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dan informasi
  5. Melaksanakan identifikasi data dan informasi
  6. Melaksanakan klasifikasi data dan informasi

Komentar untuk artikel ini telah ditutup.